Pengertian Inovasi dan Pembelajaran dalam arti luas - Saat mendengan kata “inovasi” Yang pertama muncul dalam
fikiran adalah sesuatu yang baru dan
unik. Di dalam pembelajaran banyak teori yang mendukung inovasi, seperti teori
behaviorisme, teori kognitivisme, dan lain-lain. Salah satunya tentang teori
pembelajaran berbasis kemampuan otak. Menurut etimologi, inovasi berasal dari
kata innovation yang bermakna pembaharuan, perubahan. Inovasi adakalanya
diartikan sebagai penemuan, tetapi berbeda dengan penemuan dari kata diskoveri
atau invensi.
Inovasi adalah suatu ide, produk, metode yang dirasakan sebagi sesuatu yang baru, baik berupa hasil diskoveri atau invensi yang digunakan untuk tujuan tertentu.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi batasan, inovasi
sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, penemuan baru yang berbeda
dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya baik berupa gagasan,
metode atau alat (KBBI, 1990 : 330).
Dari pengertian ini diketahui bahwa inovasi adalah suatu hal yang baru, unik dan bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi erat kaitannya dengan pembelajaran yang melibatkan guru dan peserta didik.
Menurut Hera Lestari Mikarsa ( 2007 : 7.3 ), ada dua istilah
yang berkaitan erat dengan pembelajaran, yaitu pendidikan dan pelatihan. Di
dalam dunia pendidikan untuk membentuk kepribadian individu dan dilaksanakan di
sekolah, sedangkan pelatihan untuk melatih keterampilan individu dilaksanakan di
perindustrian.
Makna pendidikan dan pelatihan sebaiknya dipadukan dan
diperoleh arti dari pembelajaran bukan terbatas pada ruang dan waktu, tetapi
tergantung pada organisasi dan komponen yang berkaitan untuk mendidik siswa.
Pembelajaran juga merupakan proses komunikatif-intearktif
antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu saling bertukar informasi. Gagne
dan Briggs (1979:3) menyatakan pembelajaran adalah suatu system yang bertujuan
untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang
dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya
proses belajar siswa yang bersifat internal.
Jadi pembelajaran proses dimana guru dan siswa saling berinteraksi untuk memperoleh pengetahuan.
Dari pengertian inovasi dan pembelajaran tersebut maka makna
inovasi pembelajaran merupakan metode baru yang berbeda yang digunakan untuk
membentuk kepribadian dan melatih keterampilan siswa agar dapat berkembang
secara optimal. Contoh inovasi dalam pembelajaran telah diketahui bahwa dunia
anak TK dan SD merupakan dunia bermain, tetapi guru seringkali melupakan hal
ini.
Seharusnya setiap guru dalam setiap proses pembelajarannya
menciptakan suasana yang menyenangkan, menggairahkan, dinamis, penuh semangat
dan penuh tantangan. Seperti pembuatan yel-yel dan berdoa sebelum belajar.
Inovasi dalam pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan suasana baru dalam
belajar dan mengoptimalkan kemampuan siswa.