Makalah tentang perencanaan dan pengembangan bisnis

MAKALAH TENTANG
PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS
Bisnis

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pembuatan perencanaan bisnis ini yaitu untuk menyelesaikan tugas pengantar bisnis saya selaku penulis. Selain itu, banyak pelaku bisnis yang sudah meraih kesuksesan dalam bidang toko baju (distro) menjadi alasan saya membuat makalah ini.

1.2  Identifikasi masalah
Indentifikasi masalah pada permasalahan di atas antara lain adalah bagaimana cara pembuatan perencanaan BISNIS toko baju (distro), mengetahui deskripsi usulan bisnis, perkiraan lingkungan bisnis, perencanaan manajemen, perencanaan pemasaran serta perencanaan KEUANGAN dalam perencanaan bisnis toko baju (distro).

1.3 Maksud dan Tujuan
                 Maksud dan tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui cara dalam pembuatan perencanaan bisnis toko baju (distro) diantaranya adalah untuk mengetahui deskripsi usulan bisnis, perkiraan lingkungan bisnis, perencanaan manajemen, perencanaan pemasaran serta perencanaan keuangan dalam perencanaan bisnis toko baju (distro).

1.4  Pembatasan Masalah
·         Deskripsi Usulan Bisnis
·         Perkiraan Lingkungan Bisnis
·         rencana Manajemen
·         Rencana Pemasaran
·         Rencana Keuangan

BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

2.1  Deskripsi Usulan Bisnis
Dalam perencanaan bisnis ini, saya akan membuat bisnis dalam bidang jasa yaitu jasa pembuatan pakaian. Saya akan membuat sebuah toko baju (distro) yang menarik dan berdeda dengan distro-distro yang lain. Untuk itu saya akan menjual pakaian edisi terbatas (Limited Edition) yang akan di desain oleh rekan kerja saya. Selain itu, dalam distro saya, saya memperbolehkan para pembeli untuk mendisain baju sesuai dengan yang mereka inginkan.

2.2 Perkiraan Lingkungan Bisnis
Dalam perencanaan pembuatan bisnis toko baju (distro), harus memperhatikan lingkungan bisnis karena lingkungan bisnis merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan bisnis.

2.2.1  Lingkungan Ekonomi
Mengingat kondisi perekonomian di Indonesia sedang dalam keadaan tidak stabil dan banyaknya pengangguran di Indonesia, banyak resiko yang akan saya hadapi dalam BISNIS saya ini. Seperti rendahnya tingkat pembelian di toko baju saya dan keuntungan yang kurang memuaskan. Selain itu, bisnis yang akan saya jalankan ini akan sangat bermanfaat bagi orang lain, karena dalam bisnis ini saya akan membutuhkan pekerja. Oleh karena itu, bisnis yang akan saya jalankan ini akan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran di Indonesia.

2.2.2 Lingkungan Industri
Bisnis yang akan saya jalankan ini akan sangat menguntungkan bagi pengusaha industri di luar sana. Saya akan bekerja sama dengan industri pakaian khususnya dalam bidang distro. Selain itu, saya juga akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah SMA. Saya bermaksud untuk mengajak pada siswa-siswa SMA untuk membuat desain mereka sendiri yang nantinya akan saya pilih untuk diproduksi dalam distro saya. Saya akan memberikan kebebasan pada pembuat desain untuk menjual produk hasil desain mereka sendiri di lingkungan tempat tinggal mereka dengan tetap membatasi jumlah produk setiap desain. Dengan begitu saya juga membantu pasa siswa menambah uang saku mereka.

2.2.3 Lingkungan Global
Dalam bisnis saya ini, saya akan bekerja keras untuk menjadikan distro saya mampu bersaing dengan distro-distro yang sudah ada. Dan saya akan menjadikan distro saya ini menjadi distro ternama. Selanjutnya untuk mengembangkan usaha saya ini, saya bermaksud untuk melakukan eksport atau kerja sama dengan pihak asing.

2.3 Rencana Manajemen
Dalam perencanaan pembuatan bisnis toko baju (distro) ini harus memperhatikan pula tentang rencana manajemen yang harus dilakukan.
2.3.1 Struktur Organisasi

MANAJER

BAG. KEUANGAN

BAG. PRODUKSI

BAG. PROMOSI

BAG. PEMASARAN
Bisnis saya ini merupakan bisnis kecil-kecilan yang akan saya kelola sendiri dengan beberapa orang pekerja yang akan membantu dalam menjalankan bisnis saya ini. Adapun struktur organisasinya adalah sebagai berikut :


2.3.2 Proses Produksi
Pada tahap awal pekerja saya akan membuat beberapa desain produk seperti baju, celana, sepatu dan aksesoris.  Untuk tahap berikutnya desain-desain yang telah dibuat akan diproduksi menjadi sebuah produk jadi sesuai dengan desain. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, saya membutuhkan beberapa fasilitas antara lain mesin sablon, dan mesin jahit.
2.3.3 Mengelola Pegawai
Saya akan merekrut orang-orang yang ahli dibidangnya untuk saya jadikan pegawai. Agar produksi yang dihasilkan berkualitas tinggi. Selain iu, walau pun pegawai saya adalah orang-orang yang ahli dibidangnya, saya  tetap akan memberikan pelatihan-pelatihan pada pegawai saya, sehingga pegawai saya semakin mahir dalam melakukan proses produksi.

2.4 Rencana Pemasaran
                 Rencana pemasaran sangat diperlukan sekali dalam pembuatan  bisnis toko baju (distro) kaena hal ini menyangkut tentang distribusi dan sebaran produk yang akan dibuat.

2.4.1 Target Pasar
Produk saya ini ditargetkan untuk para remaja dan kalangan masyarakat umum.

2.4.2 Karakteristik Produk
Saya akan menghasilkan produk yang beredisi terbatas dan tidak sama dengan produk-produk yang dijual di tempat-tempat lain. Saya akan menghasilkan keunikan-keunikan disetiap produk yang saya hasilkan dan tidak akan sama dengan produk saya berikutnya.

 2.4.3 Penentuan Harga
Harga yang saya tawarkan akan sangat bervariasi, dengan rincian sebagai berikut :
-          Untuk sebuah kaos seharga Rp. 70.000,-
-          Untuk sebuah celana mulai dari Rp.100.000,- sampai Rp. 150.000,-
-          Untuk sebuah sepatu mulai dari harga Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000,
-          Untuk sebuah jaket seharga Rp. 120.000,-
-          Dan untuk macam-macam aksesoris mulai dari harga Rp. 10.000,- sampai Rp. 100.000,-

2.4.4 Distribusi
Jika ada pesanan pada distro saya, saya akan mengaturnya dengan baik. Jika jumlah pesanan hanya untuk 1 atau 2 buah saja, maka harga yang akan saya berikan lebih tinggi dari harga biasanya. Tetapi jika jumlah pesanan mencapai 1 lusin lebih, saya akan memberikan harga lebih rendah dari harga biasanya.

2.4.5 Promosi
Untuk mempromosikan produk saya ini pertama-tama melalui teman-teman dekat, lalu melalui media elektronik dan media massa.

2.5 Rencana Keuangan
2.5.1 Kelayakan Bisnis
Bisnis ini sangat layak untuk dikembangkan karena bisnis ini mudah berkembang, selain itu bisnis dalam bidang toko baju memiliki potensi untuk meraih keuntungan yang besar.
Rincian kelayakan bisnis adalah sebagai berikut :
Estimasi pendapatan                 Rp. 10.000.000,-
Estimasi pengeluaran                Rp. 6.000.000,-   +
Estimasi laba                              Rp. 4.000.000,- (Layak)

2.5.2 Dana yang dibutuhkan
Adapun dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
-          Pembelian Kios                                                          Rp. 45.000.000,-
-          Perlengkapan dan peralatan toko                               Rp. 55.000.000,-
-          Bahan Produksi                                                         Rp. 25.000.000,-
-         Dan lain-lain                                                               Rp. 35.000.000,-  +
Total                                                                                 Rp. 160.000.000,-
Modal awal ini saya ambil dari uang saya sendiri, maka pada saat perincian berikutnya saya akan mengambil uang dari keuntungan usaha saya.

2.6  Cara Pengembangan Usaha
1.         Fokus pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual , lakukan tindakan apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar, namun seringkali focus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat baik akan mengurangi risiko dan lebih menguntungkan.
2.         Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada saat produk anda terbukti banyak pembelinya, jangan lalai untuk mengambil peluang dari produk yang relevant untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini tidak saja akan memberikan variasi produk, tapi juga akan menarikan bagi pembeli retail yang bertipe suka mengkonsumsi produk yang beragam namun masih satu lini.
3.         Carilah Cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk anda. Akan lebih murah untuk melakukannya. Walaupun kamu tidak dapat mengembangkan lini produk, kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan cara Volume Discount. Contoh : membeli satu dapat dua, kartu discount kunjungan. Teknik ini dapat juga di gunakan pada Home Based Business.
4.         Mulailah untuk memperkerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independent, pegawai lepasan (freelancer) ataupun keluarga. Hal ini bukan saja akan meringankan casflow dengan cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan yang ada, namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang berkompeten, yang mungkin kamu tidak sanggup memperkerjakan secara full time.
5.         Membuat website untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang tidak perlu lagi membuka took untuk menjaring pelanggan retail. Untuk pemasar produk special: buku2 langka dan barang-barang koleksi, Toko online akan membawa kamu untuk memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa, utility dan koleksi-koleksi tak berharga. Pengembangan website sendiri dengan hanya Rp.300.000 per bulan tanpa pengetahuan teknis. Perusahaan yang membantu anda untuk mendaftarkan Domain Anda akan menyediakan Template Online, Hosting Website diserver menyediakan beberapa alamat email.
6.         Join dengan pemilik BISNIShttp://cdncache-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png lain untuk mempromosikan bisnis anda. Berpartner dengan pemilik bisnis yang masih related adalah salah satu tehnik marketing yang termurah dan termudah.
7.         Mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan kamu adalah remaja, mulailah arahkan kepada mahasiswa. Kalau target market anda adalah ibu2 pekerja. Strategi yang lain adalah dengan menggunakan produk berorientasi retail dan menjualnya secara wholesale. Contoh, Catering yang menjual makanan ringan misalnya menjual kue-kue kering dan basah, dan dapat menghubungi perusahaan kue local untuk menjual kepadanya secara wholesale. Walaupun harga yang ditetapkan lebih murah, namun akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.
8.         Carilah cara baru dan berbeda untuk memasarkan BISNIShttp://cdncache-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png anda melalui Email Newsletter atau menjadi pembicara tamu atau pembicara di suatu instansi. Pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan, kita dapat menggunakan Teknologi Informasi yang mulai berkembang diantaranya seperti Blog, informasi melalui Face Book, dan lain-lain.
9.         Kembangkan ke lokasi lain. Ini bisa dengan menyewa Virtual office di Pusat Bisnis atau Menyewa bersama pemilik UKM lainnya. Ada peluang untuk mendirikan kantor sementara, ketika anda membutuhkan suatu pengembangan tertentu. Seperti menyewa Temporary Office dll.
10.     Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan jalan Waralaba atau Peluang Bisnis.


BAB III
KESIMPULAN

Dalam pembuatan perencanaan bisnis toko baju (distro) harus memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis toko baju (distro) harus terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah kita mengetahui kondisi lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang struktur organisasi, menentukan proses produksi serta membuat perencanaan mengenai pengelolaan pegawai. Karena dengan perencanaan manajemen, perusahaan dapat menentukan job description para pegawai demi terciptanya keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.
Tidak kalah penting dengan pembuatan rencana manajemen, pembuatan rencana pemasaran pun menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam melakukan perencanaan bisnis toko baju (distro). Adapun yang termasuk dalam perencanaan pemasaran adalah menentukan target pasar, menentukan karakteristik produk, menentukan harga produk, menentukan proses distribusi serta proses promosi itu sendiri.
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan  keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.



Labels: