Struktur dan Ciri Biografi

Struktur dan ciri biografi akan menjadi pembahasan kita kali ini dalam tema biografi. Biografi yakni sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan sebagai sebuah riwayat hidup seseorang atau tokoh.

Setelah mengetahui apa itu biografi, selanjutnya kita cari tahu seperti apa struktur biografi serta apa saja ciri - ciri dari biografi itu sendiri. Mari simak selengkapnya.

Struktur Teks Biografi

Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi. 



Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.



Bagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini.



Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak.

Ciri-Ciri Biografi

Berikut ciri-ciri biografi : 


Demikian penjelasan singkat tentang ciri dan struktur teks biografi. Semoga dapat bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan.

Labels: